Dampak Game Online Terhadap Kesehatan (Paragraf Argumentasi)

Dampak Game Online Terhadap Kesehatan

       Game online merupakan permainan elektronik yang menggunakan perangkat komputer atau semacamnya  dengan menggunakan koneksi internet yang dapat menghubungkan pengguna game online kepada pengguna game online tersebut. Permainan sejenis ini biasa ditemukan di komputer, handphone atau gajet lainya, console ( sejenis perangkat yang sangat dikhususkan untuk permainan video game), dan sejenisnya. Pengguna game online saat ini di dominasi oleh seseorang berusia remaja, dan pada usia remaja ini game online adalah sesuatu kebutuhan sosial, karena game online bisa menjadi media sosial yang kita ketahui. Selain kebutuhan sosial game online, juga sangat menyenangkan bagi para remaja zaman sekarang. Beriring dengan keasikanya bermain game dapat menggangu kesehatan.
       Menurut Danur Wind dalam sebuah artikel, Game online dapat mengganggu kesehatan secara fisik maupun psikologis, secara kesehatan dapat menurunkan konsentrasi, dapat mengganggu fungsi daya ingat otak, kelainan neurotransimitter dopamine, kelainan respon otak, memicu halusinasi dan gangguan radiasi dari sebuah layar yang mengandung unsur radiasi yang dapat menggangu pengelihatan karena otot pengelihatan dipaksa atau diforsir untuk fokus melihat layar. Selain karena radiasi layar gangguan secara fisik dapat juga berupa obesitas karena kurangnya pergerakan tubuh yang mengakibatkan kekauan pada tubuh dan tersimpanya zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh yang nantinya akan menjadi penyakit. (Danur Wind, 2016, Bahaya dan Efek Negatif Kecanduan Game Online bagi Kesehatan, https://www.kompasiana.com/danurwind/bahaya-dan-efek-negatif-kecanduan-game-online-bagi-kesehatan_57d1256f107f610c45d1712b, diakses tanggal 22 November 2017).
        Menurut Danur Wind dalam sebuah artikel, game online dapat juga mengganggu psikologis, seperti perubahan sikap secara cepat, mudah cemas dan frustasi, sulit diatur, kesulitan mengontrol emosi, insomnia, pintar berbohong untuk memanipulasi keadaan, kesulitan bersosialisasi dan sebagainya. Secara medis kalau psikologi kita bagus maka fisikpun otomatis akan terdukung oleh psikologis. Dapat dikatakan Game online atau sejenisnya dapat merusak kesehatan fisik maupun psikologis. (Danur Wind, 2016, Bahaya dan Efek Negatif Kecanduan Game Online bagi Kesehatan, https://www.kompasiana.com/danurwind/bahaya-dan-efek-negatif-kecanduan-game-online-bagi-kesehatan_57d1256f107f610c45d1712b, diakses tanggal 22 November 2017).
       Menurut Tan dalam sebuah artikel. Bahwa tidak semua Game online berakibat buruk, semua bergantung pada pengguna Game online. Yang menguntungkan dari Game online adalah untuk merfleksikan otot-otot dalam otak agar lebih tenang atau bisa dikatakan untuk menghilangkan rasa stress. Selain itu Game online dapat memberi inspirasi kepada para pengguna Game online, dan juga dapat meningkatkan konsentrasi, maksudnya meningkatkan konsentrasi adalah kita terjauh dari rasa stress yang memang kita rasakan sangat menyebalkan. (Tan, 2014, Dampak Positif Dan Negatif Dari Bermain Game Online, http://www.gudangkesehatan.com/dampak-positif-dan-negatif-dari-bermain-game-online/, diakses tanggal 22 November 2017).
        Kesimpulan dari Paragraf tersebut adalah permainan Game online bisa dikatakan berdampak buruk apabila pengguna berlebihan dalam mengakses Game online tersebut. Sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk. Untuk mengatasinya adalah mengatur waktu sebaik mungkin dan dapat membatasinya, terutama pada usia remaja, peran orang tua sangatlah menjadi kunci keberhasilan untuk mengatasi hal tersebut, dengan memberi teguran atau sanksi dan sebuah motivasi agar anak tersebut dapat menyadari bahwa game online bisa merusak kesehatan tubuh kita bahkan kondisi psikologis kita.

       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS BAHASA INDONESIA: PROFIL PRIBADI

CONTOH PUISI